BUPATI WAY KANAN PADA ACARA PELANTIKAN DEWAN PENGURUS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KABUPATEN WAY KANAN PERIODE 2012-2017

Kamis, 22 Nopember 2012

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, saya mengucapkan selamat datang kepada Dewan pengurus  Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam propinsi Lampung beserta rombongan  di Bumi Ramik Ragom – Way Kanan Bumi petani tercinta ini. Semoga kedatangan Bapak dan rombongan dalam pertemuan kali ini akan dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi guru  di Kabupaten Way Kanan untuk memajukan bidang ke-Agamaan di daerah ini. 

          Guru PAI (Pendidikan Agama Islam)  mempunyai peran strategis dalam pembangunan bangsa, terlebih dalam pembentukan karakter siswa di sekolah, oleh karena itu keberadaan  Asosiasi Guru pendidikan Agama Islam sebagai sebuah wadah yang terdiri dari guru-guru PAI mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK  selain dapat dijadikan sebagai forum silaturahim antar sesama Guru Pendidikan Agama Islam, keberadaanya sekaligus menjadi media dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI. Sesuai dengan amanat Undang-undang no tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3: bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap kreatif dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab.

Untuk membentuk manusia pendidik yang berkualitas bukanlah pekerjaan yang mudah, perlu adanya kerja keras serta pengorbanan dari para guru. Sebagai fokus, guru memegang tugas yang cukup berat dan bertanggung jawab menjadi pendidik yang utama dalam pelajaran, sehingga guru harus memiliki kemampuan profesional sikap dan skill sehingga proses belajar dapat berjalan dengan kondusif.

Tugas guru antara lain sebagai pembimbing, penghubung, penegak disiplin, administrator, motivator dan organisator. Guru menempati peranan kunci dalam mengelola pembelajaran. Kemampuan profesionalitas guru tidak hanya diukur dari kemampuan intelektual semata tapi juga dituntut untuk memiliki keunggulan dalam aspek moral, keimanan, ketaqwaan dan disiplin.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan guru yang profesional, seperti program sertifikasi guru, Pusat Kegiatan Guru (PKG) dan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kelompok Kerja Guru memungkinkan guru untuk berbagi pengalaman dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kegiatan mengajar.

Kepada Pengurus Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Way Kanan yang dikukuhkan pada hari ini saya ucapkan selamat semoga saudara-saudara dapat mengemban amanah organisasi ini secara baik.

Sumber: http://bapeda.waykanankab.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s