Penambahan Jam Pelajaran Perlu Integrasi Guru

BANDUNG, (PRLM)- Pelajaran Agama Islam (PAI) yang hanya diberikan dua jam dalam seminggu dinilai belum cukup untuk membentuk karakter siswa. Untuk itu perlu ada penambahan jam pelajaran PAI.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat Drs. Saeroji mengatakaan penambahan jam pelajaran PAI memang perlu tapi terpenting juga harus ada integrasi antara guru-guru untuk membentuk karakter siswa. Jika hanya mengandalkaan guru agama, maka penambahan jam PAI juga akan kurang dapat membentuk karakter anak yang berakhlak.

“PAI tidak hanya diserahkan kepada guru agama saja tapi juga guru-guru lain dapat mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam mata pelajaran yang diajarkan. Ini sebagai upayaa memperkuat pendidikan agama di Indonesia. Para siswa akan cerdas tapi pada saat yang sama juga mereka memiliki akhlak kharimah,” kata Saeroji dalam Seminar Pendidikan Nasional “Rekonstruksi Proses Pendidikan Islam dalam Membangun Moral, Karakter dan Akhlak Bangsa” di Gedung JICA FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jln. Setiabudhi,

Sementara itu Direktur Perguruan Darul Hikam Dr. Sodik Mudjahid mengatakan kesalahan dalam pendidikan karakter dimulai dari kesalahpahaman mengaplikasikan misi utama agama Islam. Agama Islam seringkali hanya dilihat sebatas pada ritual yang dilakukan. Sementara untuk penataan PAI sebagai pendidikan karakter harus dilakukan dengan penataan dan pembenaran fungsi Islam.

“Ujung dari (PAI) itu akhlak dan karakter seperti yang diamanatkan Allah SWT. Kesalahan dilakukan dengan mengukur ketakwaan dari ritual-ritual keagamaan yang dilakukan,” kata Sodik.

Dia menambahkan realitas implementasi di level kurikulum PAI lebih pada aspek kognitif daripada aspek karakter. Padahal dalam PAI sasarannya tidak hanya otak tapi juga qolbu. Qolbu teridiri atas unsur iman, nafsu dan akal pikiran.

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/211120

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s