Keterampilan dan Teknik Bertanya dalam Pengajaran


A. Keterampilan Bertanya
Adapun tujuan pertanyaan yang diajukan guru ialah agar siswa belajar, yaitu memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berpikir, baik berupa kalimat tanya atau perintah yang menuntut respon siswa.
Sedangkan pencapaian tujuan bertanya yang ingin dicapai adalah agar dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap pokok bahasan, memusatkan perhatian siswa terhadap pelajaran, mengetahui hambatan-hambatan kegiatan belajar siswa, dan untuk mengembangkan keaktifan siswa dalam belajar.
Ada beberapa hal yang perlu dihindari oleh guru ketika bertanya kepada siswa, yaitu:

1.   Mengulangi pertanyaan sendiri

Mengulang-ulang pertanyaaan sendiri sebelum siswa dapat berpikir maksimal terhadap pertanyaan guru dapat mengakibatkan siswa tidak dapat untuk berkonsentrasi terhadap pertanyaan tersebut. Oleh sebab itu semestinya guru memberikan jeda waktu untuk siswa agar dapat memahami pertanyaan guru dan berkonsentrasi terhadap jawaban yang akan disampaikannya.

2.   Mengulangi jawaban siswa

Mengulangi jawaban siswa dapat menyebabkan terbuangnya waktu pelajaran. Siswa tidak lagi mendengar jawaban dari  temannya yang lain karena mengetahui guru pasti akan mengulanginya.

3.  Menjawab pertanyaan sendiri

Guru menjawab pertanyaan sendiri sebelum memberikan siswa kesempatan yang cukup untuk memikirkan jawabannya akan melahirkan anggapan dari siswa bahwa memikirkan jawaban tersebut tidak perlu karena mereka beranggapan guru pasti akan memikirkan jawabannya.

4. Pertanyaan yang memancing jawaban serentak

   Hal ini selain dapat mengakibatkan kericuhan dan keributan di dalam kelas,  juga dapat berakibat guru tidak dapat mengetahui dengan pasti siapa yang benar dan menutut kemungkinan terjadi interaksi selanjutnya.

5. Mengajukan pertanyaan ganda

    Mengajukan pertanyaan ganda, sama dengan mengajukan pertanyaan yang bertubi-tubi. Sebelum siswa dapat menjawab satu pertanyaan, pertanyaan lain diajukan. Hal ini akan mematahkan semangat siswa yang hanya sanggup menyelesaikan satu dari semua tugas itu.

6.  Menentukan siswa tertentu untuk menjawab

  Hal ini dapat membuat siswa-siswa lain yang tidak ditanya akan malas memikirkan jawaban. Hal ini juga akan mengakibatkan siswa beranggapan bahwa guru mengidolakan satu siswa saja dan menganak emaskan.

Pemberian tuntunan yaitu dengan caramemberikan pertanyaan yang lebih sederhana, mengulangi penjelasan sebelumnya yang berkaitan dengan pertanyaan, dan mengungkapkan sekali lagi pertanyaan dengan cara lain yang lebih sederhana.

B. Teknik Bertanya

Adapun teknik bertanya disini adalah dengan ucapan yang disampaikan yang bermaksud untuk meminta respon dari siswa dan mengadakan interaksi. Dan jenis-jenisnya adalah: 

1. Pertanyaan ingatan

Teknik pertanyaan ingatan ini adalah teknik untuk membuat siswa mengingat kembali materi pelajaran-pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran tersebut.

2. Pertanyaan pemahaman

Jenis pertanyaan pemahaman ini merupakan salah satu teknik pengajuan pertanyaan guna untuk membantu siswa agar lebih memahami pelajaran-pelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pemahaman siswa terhadap pelajaran tersebu

3. Pertanyaan analisis

Pertanyaan analisis ini adalah teknik dengan cara mengajukan pertanyaan yang menuntut siswa untuk menganalisis dan mengupas jawaban dari pertanyaan tersebut yang terdapat pada pertanyaan itu sendiri.

4. Pertanyaan sistesis

Pertanyaan sistesis adalah salah satu teknik bertanya yang pada pertanyaan tersebut mengandung unsur jawaban yang terpisah-pisah tetapi tidak lengkap. Dari pertanyaan tersebut siswa dapat menyusun dan menambahkan ide-ide untuk membentuk satu jawaban yang benar.

5. Pertanyaan evaluasi

Pertanyaan evaluasi adalah salah satu teknik bertanya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pengetahuan siswa tentang pelajaran-pelajaran yang telah disajikan.

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s